4. Hardware

Hardware

Perangkat Keras Komputer (hardware) adalah semua bagian fisik komputer, dan dibedakan dengan data yang berada di dalamnya atau yang beroperasi di dalamnya, dan dibedakan dengan perangkat lunak (software) yang menyediakan instruksi untuk perangkat keras dalam menyelesaikan tugasnya.

Batasan antara perangkat keras dan perangkat lunak akan sedikit buram kalau kita berbicara mengenai firmware, karena firmware ini adalah perangkat lunak yang “dibuat” ke dalam perangkat keras. Firmware ini merupakan wilayah dari bidang ilmu komputer dan teknik komputer, yang jarang dikenal oleh pengguna umum.

Komputer pada umumnya adalah komputer pribadi, (PC) dalam bentuk desktop atau menara kotak yang terdiri dari bagian berikut:

A.   Typical PC Hardware

Hardware of Personal Computer. Hardware dari Personal Computer.
1. Monitor
2. Motherboard
3. CPU
4. RAM Memory
5. Perluasan Kartu
6. Power Supply
7. CD-ROM Drive
8. Hard Disk
9. Keyboard
10. Mouse

Meskipun PC datang dalam berbagai faktor bentuk yang berbeda, khas komputer pribadi terdiri dari sebuah kasus atau sasis dalam bentuk menara (desktop) dan bagian-bagian berikut:

1. Monitor

Tampilan Komputer atau Monitor Komputer adalah salah satu jenis soft-copy device, karena keluarannya adalah berupa signal elektronik, dalam hal ini berupa gambar yang tampil di layar monitor. Gambar yang tampil adalah hasil pemrosesan data ataupun informasi masukan. Monitor memiliki berbagai ukuran layar seperti layaknya sebuah televisi. Tiap merek dan ukuran monitor memiliki tingkat resolusi yang berbeda. Resolusi ini lah yang akan menentukan ketajaman gambar yang dapat ditampilkan pada layar monitor. Jenis-jenis monitor saat ini sudah sangat beragam, mulai dari bentuk yang besar dengan layar cembung, sampai dengan bentuk yang tipis dengan layar datar (flat).. Untuk saat ini monitor komputer terdiri dari beberapa jenis, di antaranya:

a)      Monitor Tabung sinar kathoda

b)      Monitor LCD

c)      Monitor plasma

d)      Monitor OLED

2. Motherboard

Motherboard ini adalah “otak” dari komputer. Komponen yang melekat pada motherboard adalah:

  • Di pusat pengolahan unit (CPU) melakukan sebagian besar perhitungan yang memungkinkan sebuah komputer berfungsi, dan kadang-kadang disebut sebagai “otak” dari komputer. Biasanya didinginkan oleh heat sink dan fan.
  • The chipset menengahi komunikasi antara CPU dan komponen lainnya dari sistem, termasuk memori utama.
  • RAM Toko menjalankan semua proses (aplikasi) dan OS yang sedang berjalan. Stand untuk RAM Random Access Memory
  • The BIOS termasuk boot firmware dan kekuasaan manajemen. B asic I nput O utput S ystem tugas tersebut akan ditangani oleh sistem operasi driver.
  • Internal Bus CPU menghubungkan ke berbagai komponen internal dan ekspansi untuk kartu grafis dan suara.
    • Current
      • The northbridge memory controller, for RAM and PCI Express The Northbridge memori controller, untuk RAM dan PCI Express
        • PCI Express, untuk ekspansi seperti kartu grafis dan prosesor fisika, dan high-end antarmuka jaringan
      • PCI, untuk kartu ekspansi
      • SATA, untuk disk drive
    • Obsolete
      • ATA (SATA oleh superseded)
      • AGP (superseded oleh PCI Express)
      • VLB VESA Local Bus (superseded oleh AGP)
      • ISA (format slot kartu ekspansi usang di PC, tetapi masih digunakan di industri komputer)
  • Eksternal Bus Controller port untuk mendukung periferal eksternal. Pelabuhan ini dapat dikendalikan langsung oleh southbridge I / O controller atau berdasarkan kartu ekspansi ditancapkan pada motherboard melalui bus PCI.


3. Central Processing Unit

CPU (Central Processing Unit) merujuk kepada perangkat keras komputer yang memahami dan melaksanakan perintah dan data dari perangkat lunak. Istilah lain, prosesor (pengolah data), sering digunakan untuk menyebut CPU. Adapun mikroprosesor adalah CPU yang diproduksi dalam sirkuit terpadu, seringkali dalam sebuah paket sirkuit terpadu-tunggal. Sejak pertengahan tahun 1970-an, mikroprosesor sirkuit terpadu-tunggal ini telah umum digunakan dan menjadi aspek penting dalam penerapan CPU.

4. RAM Memory

5. Perluasan Kartu

6.  Power Supply

Termasuk daya kabelnya, aktifkan, dan cooling fan. Supplies power at appropriate voltages to the motherboard and internal disk drives. Pasokan listrik di tegangan sesuai dengan motherboard dan internal disk drive. Ini juga mengubah arus bolak-balik ke arus searah dan memberikan tegangan yang berbeda ke berbagai bagian dari komputer.

7. CD-ROM Drive

CD-ROM Drive merupakan sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca data dari CD.

8. Harddisk

Harddisk merupakan penyimpanan yang permanen dalam PC, untuk melakukan itu data berjalan melalui RAM yang akan memberitahu dimana data tersebut akan disimpan, sirkuit harddisk menterjemahkan sinyal tersebut menjadi voltage fluktuasi. Sinyal ini mengatur perputaran harrdisk dan pergerakan lengan head, data yang tadi akan disimpan dalan keping ini, head ini sangat dekat dengan permukaan kepingan sehingga bahkan rambut manusia pun tidak dapat melewatinya. Gerakan head dimaksudkan untuk membaca harddisk, ketika sinyal kecil dikirimkan ke head, sinyal tersebut membangkitkan elektromegnet kecil di head yang kemudian akan membaca permukaan keping hardisk berupa data biner. Bagaimana caranya kita mengahapus data pada harddisk? caranya ialah dengan membalikkan cara membaca, dengan begitu partikel pada permukaan harddisk dibalikkan polaritasnya. Data pada permukaan harddisk yang biasa kita sebut dengan file tersimpan dengan cara tersebar di seluruh permukaan harddisk.

9.  Keyboard

Keyboard adalah peranti untuk mengetik atau memasukkan huruf, angka, atau simbol tertentu ke perangkat lunak atau sistem operasi yang dijalankan oleh komputer.

Papan ketik terdiri atas tombol-tombol berbentuk kotak dengan huruf, angka, atau simbol yang tercetak di atasnya. Dalam beberapa sistem operasi, apabila dua tombol ditekan secara bersamaan, maka akan memunculkan fungsi khusus atau pintasan yang telah diatur sebelumnya. Ada berbagai jenis tata letak tombol pada papan ketik. Akan tetapi, yang paling populer dan umum digunakan adalah tata letak QWERTY, meniru sistem tata letak mesin ketik.

Papan ketik tipe baru biasanya mempunyai tombol tambahan di atas tombol fungsi (F1, F2, dst.) untuk mempermudah pengguna dalam mengoperasikan komputer. Selain itu, papan ketik baru juga sudah banyak yang mendukung teknologi nirkabel.

10.  Mouse

Mouse adalah alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain papan ketik. Mouse memperoleh nama demikian karena kabel yang menjulur berbentuk seperti ekor tikus.

Mouse pertama kali dibuat pada tahun 1963 oleh Douglas Engelbart berbahan kayu dengan satu tombol. Model kedua sudah dilengkapi dengan 3 tombol. Pada tahun 1970, Douglas Engelbart memperkenalkan tetikus yang dapat mengetahui posisi X-Y pada layar komputer, mouse ini dikenal dengan nama X-Y Position Indicator (indikator posisi X-Y).

Mouse bekerja dengan menangkap gerakan menggunakan bola yang menyentuh permukaan keras dan rata. Mouse yang lebih modern sudah tidak menggunakan bola lagi, tetapi menggunakan sinar optikal untuk mendeteksi gerakan. Selain itu, ada pula yang sudah menggunakan teknologi nirkabel, baik yang berbasis radio, sinar inframerah, maupun bluetooth.

B.   Internal Storage

Perangkat keras yang menyimpan data di dalam komputer untuk digunakan dan tetap teguh bahkan ketika komputer tidak memiliki daya.

  • Hard disk – untuk jangka menengah penyimpanan data.
  • Solid-state drive – sebuah perangkat yang mirip dengan hard disk, tapi tanpa pindah bagian dan menyimpan data dalam format digital.
  • Array RAID controller – perangkat untuk mengelola beberapa internal atau external hard disk dan beberapa periferal opsional untuk mencapai kinerja atau peningkatan kehandalan dalam apa yang disebut sebagai RAID array.

C.     Video display controller

Menghasilkan output untuk monitor komputer. Ini akan dibangun menjadi salah satu motherboard terpasang di atau terpisah sendiri slot (PCI, PCI-E, PCI-E 2.0, atau AGP), dalam bentuk kartu grafis.

Kebanyakan kartu video mendukung kebutuhan yang paling mendasar, dan kartu video perusahaan manufaktur yang melakukan pekerjaan tetap dengan persyaratan yang harus permainan. Namun permainan yang masih berkembang lebih cepat daripada video karena perusahaan manufaktur.

  • CD (compact disk) – yang paling umum jenis removable media, cocok untuk musik dan data.
    • CD-ROM Drive – sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca data dari CD.
    • CD Writer – sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca dan menulis data dari dan ke CD.
  • DVD (digital versatile disc) – yang populer jenis media yang dapat dilepas adalah dimensi yang sama seperti CD tetapi menyimpan hingga 12 kali lebih banyak informasi. Ini adalah cara paling umum mentransfer video digital, dan populer untuk penyimpanan data.
    • DVD-ROM Drive – sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca data dari DVD.
    • DVD Writer – sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca dan menulis data dari dan ke DVD.
    • DVD-RAM Drive – alat yang digunakan untuk cepat menulis dan membaca data dari tipe khusus DVD.
  • Blu-ray Disc – tinggi densitas optik disk format untuk data dan video definisi tinggi. Dapat menyimpan 70 kali lebih banyak informasi sebagai CD.
    • BD-ROM Drive – sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca data dari Blu-ray disc.
    • BD Writer – sebuah perangkat yang digunakan untuk membaca dan menulis data dari dan ke sebuah Blu-ray disc.
  • HD DVD – yang dihentikan dengan saingan Blu-ray format.
  • Floppy disk – yang usang perangkat penyimpanan yang terdiri dari disk tipis yang fleksibel dari media penyimpanan magnetis. Hari ini terutama digunakan untuk memuat driver RAID.
  • Iomega Zip drive – an outdated medium-removable disk kapasitas penyimpanan sistem, pertama diperkenalkan oleh Iomega pada tahun 1994.
  • USB flash drive – a flash memori perangkat penyimpan data dengan USB interface, biasanya kecil, ringan, removable, dan rewritable. Kapasitas bervariasi, dari ratusan megabyte (kasarnya yang sama seperti CD) kepada puluhan gigabyte (melampaui, pada biaya besar, cakram Blu-ray).
  • Tape drive – sebuah perangkat yang membaca dan menulis data pada pita perekam suara, yang digunakan untuk jangka panjang, penyimpanan dan backup.

D.   Sound Card

Memungkinkan komputer untuk keluaran suara ke perangkat audio, serta menerima input dari sebuah mikrofon. Sebagian besar komputer modern memiliki kartu suara built-in untuk motherboard, walaupun ianya umum untuk pengguna untuk menginstal kartu suara yang terpisah sebagai upgrade. Kebanyakan kartu suara, baik built-in atau ditambahkan, memiliki kemampuan surround sound.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: